Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dila'nati Allah dan dila'nati (pula) oleh semua (mahluk) yang dapat mela'nati (Al Baqarah, 159)

Selasa, 19 Oktober 2010

Memproteksi FlashDisk dengan Password

Flashdisk sebagai media penyimpan data saat ini sudah sangat dikenal dan familiar. Kehadirannya telah menggeser posisi disket yang kini telah ditinggalkan. Selain bentuknya simple, kapasitas flashdiskpun kini sudah sangat memadai sebagai media portable. Akan tetapi kehadiran flasdish masih mempunyai kelemahan, karena tidak mempunyai proteksi terhadap serangan malware, ataupun pencurian data.
Untuk melindungi data penting yang tersimpan didalamnya, flahdisk dapat dilengkapi dengan software tertentu. Tentunya kita harus rela untuk merogoh kocek demi software tersebut. Dalam kesempatan kali ini saya tidak akan membahas mengenai software tersebut.
Satu hal yang patut dicoba adalah cara memproteksi flashdisk dengan password yang penulis temukan pada harian Sriwijaya Post, edisi Minggu 15 Agustus 2010.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka Notepad
Caranya : Start > All Program > Accessories > Notepad.
Kemudian ketikkan kode sebagai berikut :
on error goto 0
dim s,quest,sd,m,winpath,fs
set sd=createobject(“Wscript.shell”)
set fs=createobject(“Scripting.FileSystemObject”)
set winpath=fs.getspecialfolder(0)
set s=wscript.createobject(“wscript.shell”)
do while quest=””
quest=inputbox (Masukkan PASSWORD, Jika Anda slah dalam memasukkan password, maka computer ini akan ShutDown!!!”)
if quest=””then
m=MsgBox(“Maaf anda belum memasukkan password…!”,0+0+48)
end if
loop
if quest=”TULIS PASSWORD DISINI”
then
s.run “shutdown –a”
sd.run winpath & “\explorer.exe / e,/
select, “ & Wscript.ScriptFullname
else
s.run “shutdown –s –t 0”
end if

Password untuk flashdisk bisa diganti sesuai dengan keinginan dengan mengubah kalimat TULIS PASSWORD DISINI yang ada di dalam tanda kutip. Perhatikan penggunaan huruf capital karena sangat berpengaruh.

Save as dengan nama “passwordlock.vbs” tanpa tanda kutip, dan pastikan sebelum tombol save ditekan tipe file sudah dipilih menjadi all files.

  1. Setelah selesai mengerjakan langkah nomor satu, lalu buka Notepad lagi, untuk pengaturan otomatis setelah flashdisk dihubungkan ke PC ketik kode di bawah ini:

[Autorun]
shellexecute=wscript.exe passwordlock.vbs
action=FLASHDISK TELAH DILENGKAPI CODE

Kalimat “FLASHDISK TELAH DILENGKAPI CODE” dapat diubah sesuai dengan keinginan. Setelah itu lakukan penyimpanan seperti file yang pertama, tetapi pada bagian filename tulislah “autorun.inf” tanpa tanda kutip, dan pastikan sebelum tombol save ditekan tipe file sudah dipilih menjadi all files. Kemudian pindahkan kedua file yang telah anda buat tadi (autorun.inf dan passwordlock.vbs) ke dalam flashdisk anda

  1. Langkah terakhir, file auto.inf dan passwordlock.vbs disembunyikan. Caranya, klik kanan pada masing-masing autorun.inf dan passwordlock.vbs lalu pilih properties entang kotak hidden

Selamat Mencoba!!!

0 komentar: